Rabu, 04 Maret 2015

PROFIL KECAMATAN JARAI

PROFIL KECAMATAN JARAI


- Kecamatan Jarai memiliki luas wilayah sebesar 137,22 kilometer persegi (Km²) yang terbatas 21 desa. Desa yang terluas adalah desa Mangunsari dengan luas 10,8 (Km²) sedangkan desa yang terkecil adalah Gunung Megang dengan luas 3 (Km²).




- Batas Wilayah Kecamatan Jarai :

  Sebelah Utara  : Kecamatan Kikim Selatan

  Sebelah Selatan  : Kecamatan Tanjung Sakti Pumi dan Pagaralam

  Sebelah Timur  : Kecamatan Sukamerindu

  Sebelah Barat  : Kecamatan Muara Payang 

Wilayah Kecamatan ini berada pada ketinggian rata-rata 700-972 meter Diatas Permukaan Laut (DPL) dimana desa yang paling rendah adalah Desa Sadan, Penantian dan Bandar Aji, sedangkan desa yang paling tinggi adalah desa Mangun Sari .


Desa-desa di Kecamatan Jarai :
Mangun Sari, Pagar Dewa, Serambi, Sukananti, Tanjung Menang, Lubuk Saung, Gunung Kaya, Gunung Megang, Karang Tanding, Jarai, Muara Tawi, Jemaring, Aromantai, Pamah Salak, Pelajaran, Nanti Giri, Kedaton, Bandar Aji, Tertap, Penantian, dan Sadan.   
  
 
PEMERINTAHAN
Secara Administratif Kecamatan Jarai terdiri dari 21 desa semuanya berstatus defenitif, dan satuan lingkungan Dusun dengan jumlah 59 dusun.Kantor Camat Jarai memiliki 16 pegawai, terdiri dari 7 orang laki-laki dan  9 orang perempuan.Aparat pemerintahan yang ada di desa adalah Kades, Sekdes, Ketua BPD dan Ketua LKMD beserta Kaur dan Kadus. Hal ini diharapkan dapat memperlancar program pembangunan di daerah desa.
 
PENDUDUK DAN KETENAGAKERJAAN
 
Jumlah Penduduk pertengahan tahun di Kecamatan Jarai pada tahun 2012 berjumlah 19.588 orang terdiri dari 10.079 orang laki-laki dan 9.509 orang perempuan.Dengan luas wilayah 137,22 Km² maka kepadatan penduduk pertengahan tahun di Kecamatan Jarai adalah 142,75 orang per (Km²).Dilihat dari komposisi penduduk pertengahan tahun berdasarkan jenis kelamin dan kelompok umur maka angkatan kerja di Kecamatan ini adalah sebesar 67,06 % dari total penduduk yang ada, dimana 52,72 % adalah penduduk laki-laki.  
 
SOSIAL
Sampai dengan tahun 2013 jumlah sekolah seluruh tingkatan di Kecamatan Jarai sebanyak 24 buah yang terdiri dari 4 TK, 15 SD, 2 SMP, 2 SMA dan 1 SMK.Untuk TK semuanya berstatus TK swasta, SD terdiri dari 13 SD negeri dan 2 SD swasta, SMP semuanya negeri, SMA terdapat 1 SMA negeri dan 1 SMA swasta, sedangkan SMK berstatus sekolah negeri.Fasilitas kesehatan terdapat 1 Puskesmas, 2 Pustu, 1 Praktek Dokter, 5 Praktek Bidan, 10 Poskesdes, 21 Posyandu dan 1 toko obat.Tenaga kesehatan terdiri dari 1 dokter umum, 19 orang bidan, 13 orang perawat dan 41 orang dukun bersalin. Dengan jumlah pasangan subur 4.921 pasangan yang 77,89 % merupakan peserta KB.
 
PERTANIAN

Di Kecamatan Jarai luas lahan sawah sebesar 985 ha. Adapun luas lahan non sawah adalah 7.110 ha. Kecamatan ini juga merupakan penghasil tanaman pangan berupa jagung, kedelai, kacang tanah, ubi kayu dan ubi jalar. Perkebunan kecamatan ini menghasilkan kelapa, kopi, lada dan kakao. Dimana kopi merupakan komoditas terbesar dibanding lainnya. Ternak terbesak di kecamatan ini berupa sapi potong, kernau, kambing, dan domba. Sedangkan ternak kecil berupa ayam kampung, ayam pedaging dan itik.


  PERINDUSTRIAN, PERTAMBANGAN, ENERGI

Di Kecamatan Jarai terdapat industri anyaman sebanyak 34 industri.

Ada 2 desa penghasil pertambangan galian C yaitu Desa Mangun Sari dan Desa Sadan. Dimana Desa Mangun Sari terdapat bahan galian C berupa batu kali, pasir dan koral.

Semua desa di Kecamatan Jarai sudah dialiri listrik.

PERDAGANGAN

Sarana perdagangan di Kecamatan Jarai masih terbilang sangat sedikit hanya berupa toko, warung dan kedai makan. Selain itu di Kecamatan Jarai ini belum ada pasar baik pasar Inpres, pasar Swadaya hanya ada kalangan yang buka 1 minggu sekali.

Sarana perekonomian yang lain berupa bank sudah ada yaitu Bank Sumsel Babel dan Bank BRI.

Ada 14 koperasi yang terdiri dari 1 KUD, 1 KPN, 1 Kopwan dan 11 Koperasi Lainnya.

TRANSPORTASI, KOMUNIKASI, PARIWISATA

Semua desa di Kecamatan Jarai sudah diaspal, sehingga mempermudah akses ke seluruh desa, dengan demikian diharapkan dapat meningkatkan dan mempercepat program pembangunan di seluruh desa.

Terdapat 1 buah warnet, 1 buah pos pembantu dan menara BTS/telepon selular yang terdapat di desa Jarai dan desa Mangun Sari.

Di Kecamatan Jarai ada 2 objek wisata budaya yaitu Batu Megalith yang terdapat di desa Gunung Kaya dan gunung Megang dan Curup Gimo yang terdapat di desa Pelajaran.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar